Cara Burning CD dan DVD Tanpa Software

Cara Burning CD dan DVD Tanpa Software




Memasukan / membackup data ke dalam DVD/CD atau yang disebut dengan burning merupakan hal yang sudah biasa, apalagi di kalangan pelajar. Ada kalanya guru atau dosen memberikan tugas berupa vidio.

Mungkin sebagian guru atau dosen akan memerintahkan KM guna menyiapkan flasdisk untuk menghimpun seluruh tugas siswa atau mahasiswa. Namun, ada pula yang tidak. Mereka menuntut pelajarnya untuk berpikir bagaimana cara mengumpulkan tugas tersebut secara efektif. bagaimana cara kita memberikan tugas tersebut? Apakah kita akan memberikan tugas tersebut dalam bentuk flashdisk? Tentu saja tidak. Solusinya adalah memberikan tugas tersebut dalam bentuk CD atau DVD.

Pada awalnya CD dan DVD merupakan penyimpanan eksternal yang terkenal dan diminati sebagai pengganti disket. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, orang pun mulai mencari alternatif lain yang lebih efisien, seperti memori card atau hardisk eksternal. Namun ada kalanya kita kita masih membutuhkannya.
Banyak orang yang mengira jika memburning harus menggunakan aplikasi. Aplikasi yang digunakan pun beragam, seperti Nero, PowerIso, ImgBurn dan lain-lain. Namun, jika hanya memindahkan file, seperti musik, vidio dan foto windows pun sudah mendukung sistem burning file tanpa aplikasi, jadi kita tidak perlu repot-repot mendownload dan menginstal aplikasi di komputer. Kita hanya cukup membeli CD atau DVD saja.

Disini saya akan menjelaskan cara burning di windows 7, 8 dan 10. Namun, perlu anda ketahui jika file telah diburning maka file tidak dapat diedit karena file bersifat permanan.

langsung saja simak penjelasan dibawah ini.



1. Cara Burning di Windows 7
- siapkan CD atau DVD kosong
- masukan CD ke dalam Drive pc anda
- pindahkan file yang akan diburning ke dalam CD atau DVD
- klik kanan pada drive CD atau DVD lalu klik “Burn to disc
- selanjutnya proses burning akan berjalan secara otomatis

2. Cara Burning di Windows 8
- siapkan CD atau DVD kosong
- selanjutnya akan muncul sebuah jendela. Lalu pilih With a              CD/DVD player dan klik next
- pindahkan file yang akan diburning ke dalam CD atau DVD
- klik kanan, lalu klik Burn to disc
- lalu akan muncul jendela. Anda dapat memasukan judul disk            anda.
- lalu tinggal di next aja
- proses burning akan berjalan secara otomatis

3. Cara Burning di Windows 10
- siapkan CD atau DVD kosong
- pindahkan file yang akan diburning ke CD atau DVD
- akan muncul jendela. Anda bisa memasukan judul disk anda.
- Pilih with a CD/DVD lalu klik next
- Setelah selesai memindahkan file ke disk, klik “Drive Tools”          yang terletak di bagian atas dan klik “finishing burning
- Proses burning akan berjalan secara otomatis.


Catatan 


Ada banyak format vidio dan audio seperti mp4, 3gp, AVI, RMVB, MKV, WMV, MOV, VOB, FLV dll (vidio).  mp3, ogg, wma, ape, flac, aac, mmf, amr, m4a, m4r dll (audio). Saya sarankan agar anda memilih vidio dan audio dengan format yang disuport oleh media player. Karena CD atau DVD hanya akan diputar di CD atau VCD player. Jika anda memilih format yang tidak suport maka CD atau DVD anda tidak akan terbaca oleh CD atau VCD player.



Sekian penjelasan mengenai cara burning tanpa menggunakan software. Semoga semua ulasan di atas dapat bermanfaat dan terimakasih.

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »

3 comments

comments
August 16, 2018 at 1:39 AM delete This comment has been removed by the author.
avatar
October 22, 2018 at 7:28 PM delete

petunjuk praktis untuk burning yang sangat bagus, terima kasih untuk tulisannya

Reply
avatar